Trio Gabut Kursus Iman SCTV: Mirip 3 Semprul Mengejar Surga?

Oleh: - 4 April 2022  |

Instagram

Sinetron Trio Gabut Kursus Iman
Sinetron Trio Gabut Kursus Iman (Youtube)

Bulan Ramadan tahun 2022 ini SCTV hadirkan sinetron anyar bertajuk Trio Gabut Kursus Iman (TGKI) sebagai pengisi program sahur mereka. Tayang perdana kemarin, Minggu, 3 April 2022, pukul 04.30 WIB, TGKI hadirkan Billy Syahputra, Ge Pamungkas, dan Qausar Harta sebagai bintang-bintang utama.

Trio Gabut Kursus Iman boleh dibilang usung konsep mirip dengan 3 Semprul Mengejar Surga (3SMS), sinetron Ramadan andalan SCTV medio 2013–2017 silam. Dengan kata lain, Billy, Ge, dan Qausar seperti menggantikan atau penerus trio Andhika Pratama, Gading Marten, dan Narji di sinetron 3SMS.

Cerita TGKI diawali ketika Billy, Ge, dan Qausar secara ilegal membuka praktik sunat di klinik milik dokter Burhan (Santana Sartana) yang ditinggal ke luar negeri. Hal-hal kocak terjadi sejak awal mereka buka praktik, seperti saat harus tangani pasien seorang preman bernama Bang Gatot (Joe P Project).

Bang Gatot yang sangat ditakuti di kampung malah lari terbirit-birit saat akan disunat. Bang Gatot adalah ayah dari Selfi (Syahnas Sadiqah), wanita yang ternyata dipacari Billy, Ge, dan Qausar secara bersamaan. Saat pacaran dengan Ge, Selfi mengaku bernama Lina, sedangkan bernama Wati saat pacari Ge.

Masalah muncul ketika dokter Burhan pulang dari luar negeri serta Selfi memutuskan pergi dari rumah. Dokter Burhan yang tak terima kliniknya dipakai praktik ilegal mengancam lapor polisi. Sementara Selfi yang kabur meninggalkan surat yang memberitahu dirinya pergi dengan Billy, Ge, dan Qausar.

Trio Gabut Kursus Iman SCTV
Trio Gabut Kursus Iman SCTV (Instagram)

Tak pelak mereka bertiga kini dikejar-kejar oleh dokter Burhan dan Gatot. Saat dalam pelarian itulah ketiganya tersasar ke Pondok Pesantren An-Nabawi pimpinan Kiai Basra (Yayu Unru). Kepada Kiai Basra, Billy mengaku sebagai orang Batak, sementara Ge dari Ambon, dan Qausar menyamar jadi warga Tegal.

Baca juga:

Ketiganya berniat menjadi santri di Pondok Pesantren An-Nabawi guna menghindari kejaran dokter Burhan dan Gatot. Baru hari pertama, ujian sangat berat sudah harus mereka hadapi. Pasalnya, di sana ada Kapten Qodir (Yama Carlos), adik Kiai Basra, yang menggembleng ketiganya seperti di militer.

Tak berselang lama, Billy, Ge, dan Qausar bertemu putri Kiai Basra yang membuat ketiganya kaget karena mirip Selfi. Ustazah Fiza, itulah nama anak Kiai Basra yang juga diperankan Syahnas. Ketiganya girang dapati wanita yang mirip pacar mereka dan berusaha lakukan segala cara untuk mendekatinya.

Usaha Billy, Ge, dan Qausar untuk dekati Fiza tidak mudah karena seperti diketahui bersama, asrama antara santri putri dan putri pada sebuah pesantren itu dipisah. Tak kehabisan akal, mereka menyamar sebagai saudagar dari tanah arab yang sedang melakukan survei agar bisa berkeliling asrama putri.

Penyamaran mereka terbongkar lalu mendapat hukuman mengepel lantai. Saat jalani hukuman itu tanpa sengaja ketiganya mendengar pesantren sedang kekurangan dana. Billy, Ge, dan Qausar lalu meminta izin pada Kiai Basra untuk jalankan usaha pengurusan jenazah guna mendapatkan dana tambahan.

Saat akan mempresentasikan usaha pengursan jenazah itu bersamaan dengan kembalinya Ustaz Adnan (Masaji Wijayanto), salah satu pengajar. Kehadiran Ustaz Adnan rupanya membuat Billy, Ge, dan Qausar tidak senang. Sepertinya mereka takut jika usaha untuk mendekat Fiza gagal karena keberadaan Adnan.

Pada dua episode awal Trio Gabut Kursus Iman yang telah tayang, ada beberapa pemain atau karakter-karakter penting yang belum dimunculkan. Beberapa di antaranya adalah Mawar yang diperankan Adinda Azani, Yasmin yang dimainkan Maria Vania, dan Alda yang dilakonkan Chantiq Schagerl.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan