Tuyul dan Mbak Yul dan Jinny oh Jinny “Jawaban” ANTV untuk KPI?

Oleh: - 4 Februari 2021  |

Instagram

Sinetron Tuyul dan Mbak Yul
Sinetron Tuyul dan Mbak Yul (Youtube)

Setelah mendapatkan sanksi teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena terlalu banyak menayangkan serial India dan drama Turki, ANTV mulai berbenah. Program-program lokal kini mulai bertambah di daftar acara ANTV.

Contoh paling anyar, ANTV menayangkan ulang sinetron lawas Tuyul dan Mbak Yul dan Jinny oh Jinny sejak Rabu, 3 Feberuari 2021 kemarin. Kedua program tersebut diberikan slot tayang pagi, Jinny oh Jinny pukul 07.00 WIB dan Tuyul dan Mbak Yul jam 08.30 WIB.

Tuyul dan Mbak Yul dan Jinny oh Jinny sendiri bukan kali pertama ditayangkan ulang oleh ANTV. Kedua sinetron lawas itu pernah ditayangkan ulang ANTV pada Juli 2016 silam. Kala itu, Tuyul dan Mbak Yul dan Jinny oh Jinny juga isi slot pagi ANTV.

Baca juga:

Bahkan ANTV sempat pula hadirkan versi baru dari Jinny oh Jinny, yaitu Jinny oh Jinny Datang Lagi yang menampilkan Brianna Simorangkir sebagai bintang utama. Di versi baru tersebut juga hadir Indra Bruggman, aktor yang jadi pelakon utama di versi aslinya.

Jinny oh Jinny versi asli atau yang sekarang ditayangkan ulang ANTV sempat populer pada akhir tahun 90an silam. Tayang dua season di RCTI dari 1 Desember 1997 hingga 27 Oktober 2002, Jinny oh Jinny bukukan jumlah episode yang terbilang banyak, 228.

Sinetron Jinny oh Jinny
Sinetron Jinny oh Jinny (Youtube)

Di sinetron tersebut, Indra Bruggman yang merankan tokoh utama Bagus beradu akting dengan Diana Pungky, pemaran jin wanita bernama Solfami alias Jinny. Posisi Indra pada musim kedua sinetron ini digantikan oleh Ivan Ray yang memainkan tokoh Bagas.

Beberapa aktor dan aktris tenar lain turut bermain di Jinny oh Jinny, seperti Yusuf Surya (Jaka), Eko DJ (Eko Baroto/bos), Anya Dwinov (Lian Lui Lola Lolita), Meidiana Hutomo (Istri Eko), Jonathan Frizzy (Ragil, adik Bagus), hingga Marshanda yang perankan Jinny kecil.

Di sisi lain, Tuyul dan Mbak Yul memiliki masa penayangan yang tak berbeda jauh dengan Jinny oh Jinny, yakni 1 April 1997 hingga 24 Desember 2002 di RCTI dalam tiga musim. Sinetron yang dibintangi Ony Syahrial itu catatkan jumlah episode sebanyak 260.

Ony Syahrial di sinetron tersebut memerankan tokoh utama Ucil si tuyul dan juga Ocol, saudara kembarnya. Ony beradu akting dengan aktris Dominique Sanda yang melakonkan karakter Yulia atau sering dipanggil dengan sebutan Mbak Yul.

Tuyul dan Mbak Yul dan Jinny oh Jinny di ANTV
Tuyul dan Mbak Yul dan Jinny oh Jinny di ANTV (Instagram)

Pada musim kedua posisi Dominique diganti Tia Ivanka. Diceritakan Yulia pergi ke luar negeri lalu rumahnya ditempati oleh adik pertamanya yang bernama Yulfani (Tia) bersama adik keduanya Sandra (Ersa Mayori) serta sepupunya Merry (Novita Wibowo).

Penayangan dua sinetron lokal di atas boleh jadi memang “jawaban” ANTV untuk teguran KPI tempo hari. Sekadar diketahui, dalam UU Penyiaran No.32 tahun 2002 mensyaratkan stasiun TV wajib memuat sekurang-kurangnya 60% program lokal per hari.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan