Ultraman Nexus RTV: Cerita Lebih Dewasa, Tak Seperti Cosmos

Oleh: - 18 Oktober 2021  |

Instagram

Dark Zagi dan Ultraman Nexus
Dark Zagi dan Ultraman Nexus (Youtube)

Serial Ultraman baru bakal dihadirkan RTV mulai hari ini, Senin, 18 Oktober 2021, yakni Ultraman Nexus. Kehadiran serial yang bakal jadi penghuni baru slot tayang late prime time mereka pukul 21.00 WIB itu diumumkan RTV melalui akun Instagramnya, @langtirtv.

“Makhluk luar angkasa kembali menyerang! Ultraman datang untuk melindungi bumi. Nantikan MEGA HERO : ULTRAMAN NEXUS! Mulai Senin, 18 Oktober pkl. 21.00 WIB hanya di RTV Makin Cakep,” tulis @langtirtv pada caption pengumumannya, Minggu, 17 Oktober 2021.

Ultraman Nexus sendiri boleh dibilang seri Ultraman yang relatif bersejarah. Pasalnya, Nexus merupakan serial Ultraman yang hadirkan beberapa tren atau pakem baru, dimana hal-hal baru itu sangat jarang atau bahkan tidak ada pada serial Ultraman sebelumnya.

Baca juga:

Ultraman Nexus merupakan “jawaban” Tsuburaya Production—rumah produksi yang menggarap serial-serial Ultraman—atas kegagalan mereka pada penayangan Ultraman Cosmos. Meski Nexus tak dipungkiri tidak terlalu sukses juga rating-nya selama tayang,.

Sekadar diketahui, Ultraman Cosmos yang tayang di Jepang pada tahun 2001 terbilang gagal menarik perhatian penonton. Banyak pengamat dan penggemar Ultraman kala itu menyebut cerita Cosmos yang sangat kekanak-kanakan menjadi biang kegagalannya.

Ultraman Nexus Tayang di RTV
Ultraman Nexus Tayang di RTV (Instagram)

Tak heran ketika Nexus dihadirkan tiga tahun berselang, perombakan jenis cerita dilakukan besar-besaran, yakni lebih menyasar ke penonton dewasa. Bahkan saking “dewasanya”, episode-episode awal Ultraman Nexus sangat kental nuansa horornya.

Hal unik lain yang hadir di Nexus adalah sosok Ultraman pada hampir keseluruhan cerita malah tidak dikisahkan sebagai perubahan wujud sang bintang utama. Tokoh utama serial Ultraman Nexus adalah Kazuki Komon yang diperankan Takuji Kawakubo.

Komon di serial tersebut dikisahkan sebagai anggota organisasi rahasia keamanan bumi bernama TLT (Terrestrial Liberation Trust). TLT bertugas untuk membunuh para monster asing penyerang bumi yang dalam cerita Ultraman Nexus diberi nama Space Beast.

Dari total 37 episode, 24 episode awal menceritakan Ultraman memiliki host/inang (dunamist) seorang mantan wartawan perang bernama Jun Himeya (Yusuke Kirishima). Penonton pun harus makin bersabar karena masih ada dua host lain sebelum “sampai” ke Komon.

Host kedua Nexus adalah seorang pemuda hasil rekayasa genetika bernama Ren Senjyu. Saat meneruskan estafet host Nexus, usia Ren baru 17 tahun dan diprediksi dia akan meninggal pada umur 18 lantaran kegagalan pada proses penyempurnaan DNA ketika dia diciptakan.

Usai Ren, inang Ultraman Nexus mampir ke Nagi Saijyo, sang tokoh utama wanita yang diperankan Yasue Sato. Nexus versi Nagi inilah yang akhirnya malah membuat Dark Zagi/Mitsuhiko Ishibori (Kosei Kato) sang antagonis utama bangkitkan kekuatannya.

Bentuk Penampilan Ultraman Noa
Bentuk Penampilan Ultraman Noa (Tumblr)

Dark Zagi merupakan kloningan atau versi jahat dari Ultraman Noa yang merupakan bentuk terkuat dari Nexus. Ultraman Nexus sendiri memiliki tiga bentuk yang kekuatannya berbeda. Versi paling lemahnya adalah Ultraman The Next, sementara Nexus di tengah-tengahnya.

Kebangkitan Dark Zagi membuat dunia dalam ketakutan lantaran kekuatannya yang luar biasa. Dengan dorongan kekuatan dari tiga host sebelumnya, komon kini jadi dunamist baru yang bisa berubah wujud jadi sosok Ultraman terkuat, yakni Ultraman Noa.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan