Heru Gundul Jejak Si Gundul Trans7 Ternyata Guru Panji Petualang

Oleh: - 1 Januari 2024  |

Instagram

Jejak Si Gundul di Trans7
Jejak Si Gundul di Trans7 (Youtube)

Bagi pemirsa setia Trans 7, pasti tidak asing dengan sosok presenter nyentrik Si Gundul. Pria botak tersebut sudah menjadi ikon acara Jejak Si Gundul yang tayang di Trans7 sejak 2007 silam hingga sekarang. Jejak Si Gundul sendiri merupakan program televisi yang menghadirkan kisah kearifan lokal masyarakat Indonesia lewat petualangan Si Gundul yang serba bisa. Dia diceritakan suka menolong sesama, pandai memasak, dan pantang menyerah. Kegiatan Si Gundul tak sekadar menghibur, namun juga memberi banyak informasi bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari penonton.

Profil Si Gundul

Siapakah Si Gundul ini sebenarnya? Apakah Si Gundul adalah nama aslinya atau sekadar nama banggung? Widi Heru Wasana adalah nama asli dari Si Gundul, dengan kata lain Si Gundul adalah nama punggung saja, bukan nama asli. Heru lahir di Kota Metro, Lampung, pada 8 Maret 1973 silam, sehingga tahun 2024 ini usianya bakal memasuki 51 tahun. Pria yang menganut agama Kristen tersebut memiliki seorang istri bernama Henock Yosua. Dari pernikahan dengan Henock, Heru dikaruniai dua orang anak, yaitu Athira Glori Ardelia Cetta Claudia dan Eirene Eliyah Sara.

Baca juga:

Heru Gundul dan keluarga saat ini menetap di Yogyakarta, tempat dirinya menempuh pendidikan semasa kuliah dulu. Sekadar diketahui, semasa muda Heru pernah kuliah di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dengan jurusan biologi. Ciri khas suara medok dan kepala tanpa rambut menjadi keseharia Heru Gundul. Hingga nama acara yang dibawakannya sangat identik dengan ciri khas itu, yaitu Jejak Si Gundul. Saking populernya, gaya bicara Heru sebagai Si Gundul pada acara tersebut sering diparodikan oleh warganet di media sosial Facebook, Instagram, dll.

Penampilan Heru di Televisi

Dalam acara Jejak Si Gundul, Heru diperlihatkan tak segan turun tangan mencari bahan masakan dan membantu warga mengolah bahan makanan secara tradisional. Dirinya bahkan kerap bergabung dengan masyarakat untuk melakukan kegiatan tertentu, seperti kerja bakti hingga bertani. Di balik kepiawaiannya dalam memandu acara Jejak Si Gundul, Heru juga dikenal sebagai ahli satwa liar, khususnya ular. Kemampuan yang dia miliki sejak muda itu membuat dia sempat menjadi host program Petualangan Liar bersama Putri Ulung yang tayang medio awal 2000-an silam di Trans7.

Ulung Putri, Heru Gundul, dan Panji Petualang
Ulung Putri, Heru Gundul, dan Panji Petualang (Youtube)

Heru merupakan mentor atau guru dari Muhammad Panji, ahli satwa liar yang populer dengan nama panggung Panji Petualang. Menurut Panji dalam salah satu videonya bersama Heru, saat pertama kali bertemu belasan tahun silam, dia melihat Heru sama seperti dirinya, memiliki kelebihan khusus dalam menangani ular. Sejak itu Panji menyebut host Jejak Si Gundul itu sebagai guru yang berjasa dalam perjalanan keriernya. Berkat Heru Gundul pula Panji mulai belajar tentang ular secara ilmiah sehingga dia makin jago dalam menangani ular lantaran referensinya semakin banyak.

Menjadi Youtuber Sukses

Sebagaimana telah kami ungkap di muka, program Jejak Si Gundul yang dibawak terbilang sukses hingga kerap menjadi inspirasi konten warganet di media sosial. Sosok Si Gundul pun menjadi tidak asing di mata masyarakat Indonesia, khususnya pemirsa televisi. Kepopuleran luar biasa yang dia dapatkan membuat akun-akun media sosial Heru mendapatkan banyak pengikut. Salah satu contohnya adalah akun Instagram @heru.gundul miliknya, dimana hingga artikel ini ditulis, akun tersebut telah memiliki jumlah followers yang terbilang sangat banyak, yakni 387 ribu pengikut.

Selain itu, channel YouTube @HERUGUNDULJejaksigundul milik Heru pun memiliki subscribers yang tak main-main jumlahnya, yakni 602 ribuan. Banyak hal menarik dibagikan Heru melalui akun Youtube-nya, tidak hanya tentang kehidupan bersama satwa liar. Heru kerap juga mengunggah video tentang kuliner-kuliner unik, bahkan ekstrem. Akun YouTube yang dibuat Heru pada 25 Oktober 2016 itu tercatat sudah memiliki unggahan video sebanyak 704 video. Dari 700-an video yang diunggah Heru itu telah berhasil mengumpulkan views sebanyak 80 juta lebih.

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan